20
Jan
09

Tips Upgrade LPEG


English translation

Banyak yang bilang LPEG (Low Power Electric Gun) tidak bisa di upgrade. Ternyata bisa, dan prinsip-prinsip yang di pakai juga sama dengan upgrade AEG. Tapi yang pasti LPEG tidak bisa menggunakan gearbox metal AEG. Bukan karena body LPEG plastik (body AEG juga umumnya plastik), tapi karena konstruksi yang berbeda, misal dudukan gearbox, fire selector, trigger dan lainnya.

Mainan satu ini memang murah meriah (edit Mar 2010:sekarang sudah mahal) dan cocok sekali buat newbie yang mau belajar atau mencoba permainan airsoft, selain karena murah, LPEG juga lebih aman karena power yang rendah. Tapi tetap saja safety gear (goggle) dan safe behaviour (fingger-off, muzzle down) diperlukan dalam permainan airsoft, apapun jenis nya.

Setelah sekian lama hilang dari pasaran, ternyata sekarang cukup banyak yang jual LPEG dengan kisaran harga 350.000 – 450.000 (Jan 2009). Kalau dibanding tahun 2006 dulu harganya cuma 250.000, naik di atas inflasi. (Lihat:harga airsoft di indonesia)

Jadi deh penasaran bongkar LPEG setelah menimba sedikit ilmu upgrade AEG. Prinsip kerjanya sama dengan AEG, dengan komponen2 (khusus lpeg gearbox ver2):



1. Penggerak : Dinamo, 3 buat gear untuk menggerakkan piston
2. Kompresi : Spring, spring guide, piston(termasuk “cut-off lever”), cylinder (termasuk nozzle dan tappet plate jadi satu desain di cylinder nya)
3. Trigger : switch assembly dan mekanisme fire selector
4. BB loading : nozzle & tappet plate (termasuk di cilinder), hop-up chamber

Dengan memahami cara kerja gearbox, pasti bisa bongkar2 semua jenis gearbox.

Ok, lets start:

Bongkar body

Pertama tentu adalah bongkar body. Ambil contoh CM23/CM25 model MP5 keluaran Cyma. Langsung saja buka semua baut2 bodi-nya (agak banyak karena body-nya tidak terpisah upper / lower receiver). Cukup mudah dan tidak ada part yang lompat karena mekanisme-nya cukup simple.

Upgrade accuracy

Ini sebenarnya paling simple. pertama tentu harus punya inner barrel pengganti nya. Gw pakai inner barrel ex springer DE M47 yang ternyata lebih “tight” dibanding LPEG. Kalau mau lebih oke malah bisa pakai inner barrel AEG yang di sesuaikan panjangnya. Cara tes-nya, lepas inner barel dari hop up chamber, kemudian tutup dari bawah dgn jari dan masukkan BB dari atas inner barel. Lalu balikkan barrel-nya. Kalau jatuhnya cepat, berarti diameter nya cukup besar, dan kalau pelan2 BB baru jatuh berarti diameter lebih kecil . Ini tentu membantu akurasi LPEG. Karena panjang inner barrel LPEG cuma sekitar 15cm, dan panjang inner barrel M47 sekita 25cm, jadi ya harus di potong dulu paling tidak sampai 20cm. Kenapa tidak sama? Karena total volume barrel dengan diameter yang lebih kecil tentu berkurang, sehingga di kompensasi dengan menambah panjang inner barrel-nya. Berhubung males hitung-hitung, jadi kira-kira saja hehehe.. Penggunaan inner barrel yang lebih tight juga akan meningkatkan fps sehingga ini merupakan upgrade yang paling efektif untuk LPEG.
(Lihat:volume silinder vs inner barrel)

Bongkar gearbox

Setelah buka semua baut-nya (Hapalkan baut mana masuk lobang mana, karena panjang beda2), lepas per kecil di depan yang di cylinder head (AEG:per tappet plate).

Selanjutnya gearbox di belah pelan2. part yang mungkin lompat krn tekanan per utamanya adalah cylinder dan piston. Jadi sambil ditahan cylinder dan piston, belah body gearbox. Untuk lepas per, dorong piston + cylinder ke belakang sambil ditahan dan angkat dari body gearbox.

Upgrade power
Upgrade power bisa dilakukan dengan dua pendekatan. Pertama adalah Menambah gaya dorong piston dan kedua memperbaiki kompresi. Lihat: Physics of airsoft)


Paling mudah untuk menambah gaya dorong piston adalah dengan mengganti per atau -berhubung tidak ada yang jual per upgrade lpeg- mengganjal per, supaya ada beban awal (pre-loaded). Paling ideal adalah ganjal di antara per dan spring guide. Karena tidak ada yg bisa dipakai, akhirnya gw pake baut kecil, di taruh didalam piston. Pastikan dia tidak miring posisinya ketika tertekan per.
Pro/kontra pasang pengganjel per di dalam piston adalah massa piston akan bertambah, sehingga Force/tenaga yg dihasilkan dari akselerasi piston bertambah (F=m.a). Tentu saja ini juga akan meningkatkan tekanan udara yang keluar dari nozzle (P=F/A). Kerugiannya, gaya yang diteruskan piston akan menghantam dinding gearbox lebih keras, dan akan lebih cepat membuat dinding gearbox retak/patah. Kerugian lain dengan bertambahnya massa piston adalah akselerasi awal piston yang rendah. (Lihat:Berat piston vs inner barrel)

Jadi perlu feeling juga berapa tebal per akan di ganjal dan mau dipasang di mana pengganjal per nya. Gw pasang penganjal dengan tebal kira-kira 7mm. Idealnya pengganjal di pasang di antara per dan spring guide, dan di depan per (dalam piston), mungkin bisa ditambah pengganjal yang lebih tipis dan tidak terlalu berat untuk menambah massa piston. Seberapa terlalu berat atau tidak itu ya feeling saja =)

Memperbesar gaya dorong piston juga bisa berarti mengurangi gesekan, terutama antara piston dengan silinder. Solusinya berikan grease yang cukup di dalam silinder.

Hal kedua adalah memperbaiki kompresi. Untuk lpeg bisa dengan cara merenggangkan o-ring yang ada di piston. Untuk menguji kompresi piston, masukkan piston ke cylinder dan tutup lobang nozzle cylinder yang depan. Tekan piston kedepan dan rasakan kalau enteng dan ada bunyi udara bocor, artinya o-ring tidak bekerja dengan efektif


Lepas o-ring dan lingkarkan ke obeng atau benda silinder lain yang lebih besar dari diameter o-ring (mis pegangan obeng). Lalu panaskan dengan korek api sambil obeng di putar supaya panas merata. Hati-hati jangan sampai terlalu panas dan meleleh o-ringnya! Setelah itu diamkan beberapa menit. Ini mungkin perlu diulang beberapa kali supaya setelah pemakaian sekian lama, o-ring tidak kembali mengecil. Coba lagi kompresi-nya, piston akan terasa lebih berat ketika di tekan.

Dengan mengganti inner barrel yang lebih tight, juga akan menambah kompresi dan meningkatkan power lpeg.

Sampai sini, upgrade power untuk lpeg sudah selesai. pasang lagi gearbox dan body dan lpeg siap skirmish..

Upgrade ROF
Upgrade ROF atau Rate of Fire bisa dilakukan dengan beberapa metode:
1. Mengganti rasio gear utk setting high speed
2. Meningkatkan voltase batere
3. Mempercepat siklus tembak dengan memperpendek langkah kompresi piston (short stroke piston)

No 1 jelas tidak mungkin utk lpeg. No 2 bisa dilakukan dengan memakai batere di atas voltase standar lpeg (7.2 volt). Hati-hati pilih mAh batere krn jika terlalu besar, arus juga akan terlalu besar dan bisa membakar kelistrikan lpeg.

No 3 yang menarik. Dengan memperpendek langkah piston, maka siklus untuk menembak satu BB akan lebih cepat. Konsekuensinya adalah volume kompresi yang berkurang. Tapi bisa dikompensasi dengan menambah gaya dorong piston (ganjel per).

(Edit: Ralat, tanpa mengubah rasio gigi antara piston dan sector gear, ROF tidak akan berubah signifikan, kecuali dibantu dengan menaikkan voltase batere)


Hal ini lebih mudah di lakukan untuk lpeg dibanding AEG. caranya? potong satu gigi piston yang paling depan, dan kikir satu gigi di sector gear yang paling belakang menarik piston. Itu saja.

Yang mungkin agak repot adalah menambah panjang “cut-off lever” yang akan mendorong mekanisme fire selector. Bisa aja kalau tidak dipanjangkan, tapi lpeg tidak akan bisa single shoot.

Caranya, potong ujung “cut-off” lever dan cari bahan yang kira-kira ukuran sama untuk di lem di antara potongan “cut-off lever” dan piston. Pastikan panjang nya sama dengan panjang gigi piston yang di potong, karena jika kelebihan bisa menubruk dinding piston dan patah!

Well, sejauh itulah itulah yang sempat gw praktekkan di lpeg gw… belum coba lebih ekstrem karena mungkin tidak worthed. Mungkin untuk lpeg gearbox versi 3 bisa di upgrade lebih ekstrem, misal dengan ganti part2 aeg, krn kelihatannya gearboxnya mirip. Berhubung tidak punya, yang tertarik bisa lihat review XM8 dan prinsip-prinsip yang dijabarkan di blog ini bisa di terapkan untuk jenis gearbox yang lain.

BTW main ersop dengan lpeg menurut saya bisa lebih enjoyable terutama untuk CQB karena kita bisa lebih menjiwai permainan (translate:merasa seperti SWAT beneran, ngendap2 & clearing room), tanpa khawatir terluka kalau contact dengan lawan pada jarak dekat. Yang pernah main di arena skirmish CQB pasti pernah merasakan seperti ini. anyway.. choice is yours

Semper Fi!!

Lihat juga: Tips ringan airsoft


18 Responses to “Tips Upgrade LPEG”


  1. Agustus 12, 2015 pukul 5:23 pm

    Makasih atas infonya , Aerith

  2. 2 joeko190
    Oktober 9, 2013 pukul 12:45 am

    saya mau beli unit lpeg, ,maunya sih di upgrade..
    posisi agan dimana and no. tlp agan brapa biar enak untuk pencerahannya..
    thanks

  3. Juli 21, 2013 pukul 6:33 pm

    agan-agan , ane mau tnya ne. lpeg ane bb nya nyangkut2 dan klu keluar pelan banget. tlngin cara memperbaikinya. thx

  4. Februari 22, 2013 pukul 9:51 pm

    gan,
    ane minta no yg bisa dihubingin pny ente dong,
    pgn mnt benerin lpeg ane,
    m4 ane kalo nembak ga keluar pelurunya.
    tuh knp ya gan?

    nomor ane gan 082372473390

  5. 5 Gray Fox
    Oktober 5, 2010 pukul 2:22 pm

    @riano
    5-10cm dr chamber berarti di inner barrel ya. blm kebayang nih.kl ada foto bs lebih membantu

    @andi
    lpeg m18 model apa ya?mgk mxdnya m81 steyr.
    wah kl gear rontok ya harus ganti. dan agak susah jgua cari sparepart buat lpeg, gak ad aafteramrketnya.

    posting WTB aja di kaskus, mgk ada yang punya dan mau jual

  6. 6 Andi
    Oktober 4, 2010 pukul 10:29 am

    Permisi Mas – Mas..
    saya mau nanya, lpeg M18 saya rontok gear yang dekat motornya..
    gimana cara memperbaikinya mas, tolong bantin saya donk mas..
    dan kalau Mas2 ada yang punya gearnya, hubungi saya.
    Hp 081992413886
    Baru Ato scond pun gak apa2..
    thanks..

  7. 7 riano
    September 29, 2010 pukul 12:34 am

    boss, saya mau tanya nih..di lpeg saya ada lubang kecil (+- 1-2mm)yg tembus secara vertikal (udah dari sananya)sekitar 5-10 cm dari chamber..itu fungsinya buat apa yah?

    pernah sy coba tutup pake solatip, efeknya malah memble..itu lubang apa yah? bisa kasi pencerahan?? makasih..

  8. September 22, 2010 pukul 3:17 pm

    @andros

    wah punya saya dah di jual buat beli aeg hehe..

    pastiin semua baut dah kebuka dulu, dan untuk membuka biasanya ahrus “di belah” plastiknya, di sambungan plastiknya coba selipin kuku atau pick gitar terus di belah pelan2

    @dani
    de m84 beretta mgk ya maksudnya. blm pernah punay aep nih. tp biasanya kl tembakan gak ada tenaga berarti ada kompresi yang bocor. entah di hop up atau di ring piston nya.

  9. September 13, 2010 pukul 9:37 pm

    Bang gray fox, lpeg DE M83 bukanya gimana sih bang, kok pas buka front ris nya trus lepas2 bautnya tapi ga bisa di belah ya itu lpeg. Mohon petunjuknya bang
    Terima kasih.

  10. 10 dani
    September 13, 2010 pukul 5:37 pm

    Saya punya DE m48 lpeg, problemnya adalah BB nya kalo ditembakin memble gak juzz..juzz cuman towewew blep aja masalahnya dimana ya Om mohon diguide ya..punten tolong sayang soalnya pas di beli emang dah gheeto dan juga kalo di lihat2 ternyata laras yang ada pisirnya ke outer grip teh gak lurus bisa dibetilin gak ya..hatur nuhun info punten ke danitri2001@yahoo.com juga ya..

  11. 11 Gray Fox
    April 14, 2010 pukul 11:09 am

    gw mau aja bantuin bos, tp takut ga sempet.

    kl mau kirim gearbox nya aja, sama inner barrel + hop-up, plg bisa rengganing o-ring sama seal tape hop-up utk perbaiki kompresi.

    biar kirim balik gampang. kl kirim unit takut kenapa2..

    gak jamin cepet selesai ya, pulang malem terus.

  12. 12 Wirs
    April 13, 2010 pukul 10:50 pm

    boz ente buka servicenya gk nich????

  13. 13 Gray Fox
    Maret 14, 2010 pukul 5:01 pm

    @mirza

    di upgrade buat skirmishan bro?

    gak terlalu worthed kok bro menurut gw upgrade lpeg utk skirmish, gak terlalu beda.
    mending cari AEG sekon aja. tp liat tips2 ini dulu kl mau beli airsoft ya

    gw sharing utk pengetahuan aja.

  14. 14 mirza
    Maret 9, 2010 pukul 7:05 am

    Bisa bantu saya upgrade lpeg saya gak bro?
    Kl bisa sih saya mau nih bayar utk upgrade lpeg saya.
    Email aja ke: mirza_anom@yahoo.com

  15. 15 Gray Fox
    Desember 30, 2009 pukul 8:36 pm

    @RAN

    apanya yang rusak bro?

  16. 16 RAN
    Desember 18, 2009 pukul 11:06 am

    tolong tampilin cara memperbaiki gearbox LPEG donk!

  17. 17 RVO-07
    Oktober 24, 2009 pukul 1:42 am

    LPEG party yuukk !!!!

  18. 18 Gray Fox
    Januari 20, 2009 pukul 6:21 am

    Photo uploaded…. nyari waktu utk nulis artikel lain nih…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Januari 2009
S S R K J S M
    Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Visitors

wordpress statistics
free counters

%d blogger menyukai ini: