06
Mar
09

Tips Upgrade AEG – part 2


English translation

2. meningkatkan akurasi

Akurasi AEG dipengaruhi banyak faktor, terutama adalah muzzle velocity,inner barrel dan berat BB.

Muzzle velocity atau fps berpengaruh karena akurasi juga memerlukan jarak tembak efektif yang cukup. akurasi pada jarak 5 meter tentu tidak ada artinya, sehingga pastikan juga power AEG cukup untuk akurasi terbaik.

Inner barrel mungkin salah satu faktor terbesar dari parameter akurasi. Penggunaan tight barrel sangat membantu peningkatan akurasi, karena di dalam inner barrel, BB tidak bayak punya ruang gerak (bouncing) sehingga arah gerak BB terjaga. Standar diameter dalam inner barrel AEG sekitar 6.06mm. Upgrade parts tersedia dari 6.04, 6.03 dan 6.01 dengan merek2 MadBull, Prometh dll. Semakin kecil diameter inner barrel tentu akurasi semakin baik.

Untuk mengetahui inner barrel yang lebih tight bisa dengan cara mudah berikut:
Cara ini untuk membandingkan dua inner barrel yang sama panjangnya, pegang inner barrel dan rapatkan salah satu ujungnya di jari. Masukkan BB dari ujung satu lagi. (Renggangkan sedikit jari dari ujung barrel agar BB lebih cepat turun)

Lalu secara perlahan dan bersamaan, balikkan inner barrel tersebut, dan perhatikan dari barrel mana BB lebih lama jatuh. Makin lambat waktu yang dibutuhkan untuk BB jatuh, maka inner barrel tersebut semakin rapat

Kembali ke akurasi, juga harus diingat bahwa BB yang dipakai harus kualitas tinggi. BB kualitas rendah mempunyai variasi ukuran dan berat yang tinggi dan bisa membuat BB menyangkut di dalam inner barrel yang mungkin saja merusak inner barrel anda. Dari review situs http://www.airsoftmechanics.com, kualitas akhir BB di lihat dari grouping nya (selain juga diukur variasi diameter, berat, roundness dan stabilitas fps). Menurut situs tersebut BB terbaik adalah Marushin MaxiBB, dengan konsistensi berat/ukuran yang tinggi. sayangnya blom ada yang jual di Indonesia, atau mungkin ada tapi jarang yang jual.

Berat BB pun akan berpengaruh terhadap kestabilan lintasan tempuh BB. BB yang semakin berat akan memiliki massa inersia yang tinggi sehingga akan bisa menempuh jarak lebih jauh, selain juga lebih tahan belok karena angin di banding BB ringan. Pada AEG yang sama, jika dibandingkan dengan menggunakan misal BB 0.12 dan 0.2, maka BB 0.12 akan memiliki kecepatan awal yang tinggi karena inersia yang rendah dan mudah di akselerasi. Namun momentum BB akan cepat hilang dan BB lebih dulu jatuh. BB tipe ini cocok untuk CQB karena dua AEG dengan spec sama, BB yang lebih ringan akan mencapai target pada jarak dekat lebih dulu di banding BB yang lebih berat. Namun untuk jarak jauh, BB yang ringan tidak bisa mencapainya karena sudah jatuh ataupun berbelok krn angin. BB yang berat mempunyai momentum yang lebih besar sehingga bisa mencapai jarak lebih jauh walaupun fps akan turun. Untuk itulah fps yang cukup tinggi juga diperlukan agar fps tidak drop terlalu banyak.

Namun jika fps sudah mencapai di atas 400, penurunan 10 – 20 fps tidak terlalu terasa dibanding jika fps AEG anda masih sekitaran 300 (law of diminishing value juga berlaku disini).

Umumnya pemain airsoft menggunakan BB 0.2 dan pemakai sniper rifle memakai 0.25 – 0.3 gr.

Lihat juga:
Pilih berat BB yang tepat

3. menaikkan rof

ROF atau rate of fire adalah satuan berapa BB yang ditembakkan per detik-nya, atau berapa kali satu siklus tembakan bisa dilakukan per detik (Siklus tembak:mulai dari trigger ditekan,motor berputar,gear berputar,piston ditarik,BB masuk chamber, piston dilepas). ROF dari airsoftgun ditentukan oleh putaran motor dan juga rasio gear set yang semua menentukan.

Putaran motor AEG ditentukan oleh voltase dari batere, sehingga cara paling mudah untuk menaikan rof adalah menggunakan batere dengan voltase lebih tinggi misal LiPo 11.1v atau batere NiMH 9.6v

Sementara gear set optional memiliki tipe high-torque dan high-speed. Menggunakan high-speed akan menambah rof walau kl dipake dengan batere standar tidak akan signifikan, harus upgrade juga motor hi-speed dan batere volt tinggi.

(diambil dari http://www.filairsoft.com/forum/showthread.php?t=55940)

A Comparison Guide Chart (no load condition)

TM EG700 Motor
23,154 RPM @ 9.6V
1,251 Torque G.cm

TM EG1000 Motor
27,552 RPM @ 9.6V
1,407 Torque G.cm

CA High Torque Motor
27,515 RPM @ 9.6V
1,845 Torque G.cm

CA High Speed Motor
30,154 RPM @ 9.6V
1,485 Torque G.cm

ICS Turbo 2000 Motor
29,714 RPM @ 9.6V
1,490 Torque G.cm

ICS Turbo 3000 Motor
26,628 RPM @ 9.6V
2,708 Torque G.cm

Systema “Genuine” Motor
29,825 RPM @ 9.6V
1,699 Torque G.cm

Systema “Hi-Speed” Motor
37,400 RPM @ 9.6V
1,915 Torque G.cm

Systema “Hi-Torque” Motor
32,302 RPM @ 9.6V
1,932 Torque G.cm

Systema “Super Hi-Torque” Motor
34,787 RPM @ 9.6V
1,998 Torque G.cm

Systema Magnum Motor
34,845 RPM @ 9.6V
3,254 Torque G.cm

Untuk upgrade rof sangat dianjurkan untuk mengganti juga bushing standar dari AEG (kl masih plastik) dengan bushing metal. Putaran tinggi dari gear tentu tidak dapat ditahan oleh bushing yang plastik. Selain itu, rof yang terlalu tinggi bisa menyebabkan BB misfeed. Pada burst shot, ada beberapa tembakan yang blank karena BB tidak sempat masuk ke chamber saat nozzle mundur karena terlalu cepat. Solusinya adalah menggunakan delayer pada Sector gear, sehingga tarikan tappet plate untuk buka nozzle lebih lama dan BB sempat memasuki chamber.

Siklus tembak yang cepat juga bisa menyebabkan gigi piston rontok. Solusinya, gigi piston kedua dari belakang (setelah yang paling besar), bisa di kikis untuk menghindari pre-engagement gigi piston yang terlalu awal (kontak gigi piston dengan gigi sector gear tidak tepat).

4. menambah durabilitas gearbox

Keawetan gear box dan komponennya perlu dijaga terutama jika sudah di upgrade. Sedangkan gearbox standar biasanya tidak ada masalah bila dipergunakan dengan komponen lain yang standar juga, misal batere. Penggunaan batere Lipo sudah merupakan upgrade yang mengharuskan penggantian bushing metal untuk daya tahan gearbox.


2 Responses to “Tips Upgrade AEG – part 2”


  1. 1 rachmat
    Juni 19, 2016 pukul 9:02 pm

    Mantap om bos….!!!
    Tp Boleh mnta WA atw apalah untuk brtanya lebih jelas
    maaih banyak kayax yg perlu dtaxkan maklum newbi om bos

  2. 2 miki
    Juni 27, 2012 pukul 10:57 am

    makasih om<< tipsnya good,,good,,good…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Visitors

wordpress statistics
free counters

%d blogger menyukai ini: