29
Apr
09

Bongkar pasang gearbox v2


English translation

Panduan singkat untuk bongkar pasang gearbox versi 2 untuk model M4, M16, MP5(tdk termasuk MP5K).

Penggantian Spring/Spring guide/Cylinder head/Piston/Nozzle/Tappet plate
1. Buka semua skrup gearbox, tandai tiap baut di posisi mana dia terpasang.
2. Masukkan obeng ke dalam lubang di belakang gear box. Obeng ini akan menahan spring guide dan spring, sehingga saat gearbox dibuka, spring tidak akan lompat.


3. Letakkan gerbox dengan disisi kirinya (bagian depan hadap kanan). Belah gearbox sambil menahan obeng tsb.
4. Setelah terbuka, sambil menahan silinder dgn tangan kanan, angkat spring guide dan spring untuk melepasnya

5. Untuk penggantian spring, cylinder & piston cukup sampai disini. Lanjutkan ke no 19 untuk pemasangan.

No 1 di gambar adalah bevel gear, No 2 adalah spur gear dan No 3 adalah sector gear
Penggantian Gear Set/Shimming/Bearing

6. Lepaskan per tappet-plate (di bawah silinder). Per ini yg menarik tappet-plate dan nozzle untuk loading BB ke chamber.
7. Angkat sector gear (gear yang menarik piston), bevel gear( gear paling kecil yang engange dengan motor) dan terakhir spur gear (gear yang ditengah)
8. Lepaskan anti-reversal latch (dibawah bevel gear)
Lanjut ke nomor 17 untuk shimming

Penggantian Selector plate/Cut off lever/Switch assy/Safety lock

9. Untuk melepas switch assy, lepas per kecil dari kaitannya dan buka skrup yang ada di kiri bawah switch assy.
10. Buka skrup cut-off lever. Hati2 per kecil antara cut-off lever dan selector plate.
11. Lepas skrup safety lock (ujung kanan bawah gear box).
12. Untuk melepas selector plate, balik gear box, dan dorong selector plate ke depan.


Pemasangan Selector plate/Cut off lever/Switch assy/Safety lock

13. Pasang selector plate seperti semula.
14. Pasang safety lock
15. Pasang cut off lever. Pasang juga per kecil antara cut-off lever dan selector plate
16. Pasang switch assy. Lalu kaitkan per kecil-nya ke kaitan gearbox

Shimming dan pemasangan Bearing

17. Pasang bearing untuk tiap poros gear. Ada yg menyarankan untuk memberi sedikit lem besi supaya bearing tidak ikut berputar dan menggerus gearbox.

18. Untuk shimming:
panduan cepat shimming bisa mengikuti gambar berikut:
Free Image Hosting at www.ImageShack.us
(fragcdo.files.wordpress.com)

Untuk lebih pasti bisa lakukan shimming manual, ini dilakukan dengan trial and error alias coba-coba.
a. Shim set terdiri dari 3 jenis washer dengan ketebalan yang berbeda (ada 3 jenis ketebalan) dan ukuran diamater washer yg berbeda. 0.2, 0.3, dan 0.5 mm
b. pasang shimset dibelakang spur gear. pastikan spur gear tidak bergesekan dengan diinding gearbox dgn memutar gear tsb.
c. pasang sector gear dan pastikan dinding sector gear tidak bergesekan dengan dinding spur gear (posisi penarik tappet plate di arah jam 1). kemudian pasang bevel gear
d. pasang bevel gear

d.1. lihat gambar, penunjuk 1 & 2 pastikan ada gap antara permukaan sector gear dengan spur gear
d2. penunjuk 3, pastikan ada gap antara permukaan spur gear dan bevel gear. (tambahkan shimset jika perlu)

e. tutup gearbox dan pasang skrup2 tdk usah semua, minimal di belakang, bawah dan dekat trigger)
f. coba putar sector gear dari celah silinder dan rasakan apa terlalu ketat atau longgar.
g. tekan poros masing2 gear dan pastikan ada slack, poros bisa bergerak jika di tekan. play/toleransi kira2 0.5 – 1mm. Terlalu ketat akan menyebabkan putaran berat dan terlalu longgar akan berisik dan tidak efisien


h. bisa juga dengan cara menekan sector gear (lihat gambar) dan perhatikan freeplay dari poros gear. Usahakan tidak terlalu ketat atau longgar ( 0.5mm – 1mm)
i. buka kembali gear box, dan tambah/kurangi shimset seperlunya dan ulangi langkah g.
j. Pasang anti-reversal latch lalu lumasi gear secukupnya dengan white lithium/grease lain. Bisa gunakan pelumas gear Tamiya.

Pemasangan Piston/Cylinder/Tappet plate/Nozzle dan Spring

19. untuk merapatkan kompresi, buka o-ring pada cylinder head. lilitkan seal tape secukupnya pada alur o-ring dan pasang o-ring kembali. Lalu pasang ke silinder.
20. pasang piston kedalam silinder.
21. pasang nozzle ke coakan diujung tappet-plate dan pasang nozzle tersebut ke nozzle cylinder head.
22. pasang silinder/piston/tappet-plate/nozzle tersebut ke gear box. Pastikan silinder head terpasang pada posisinya di gearbox.
23. pasang per kecil penarik tappet plate ke kaitan di gearbox.
24. pasang spring guide ke dalam spring dan masukkan spring ke dalam piston.
25. Masukan obeng ke belakang spring guide dan dorong spring guide ke dudukannya di belakang gear box. Lalu tahan obeng dengan menekan kebawah.
26. Tutup gear box dan pastikan poros2 gear tdk menahan gear box. kemungkinan part lain yang menahan gear box tertutup rapat:
-safety lock
-poros anti-reversal latch
-spring guide tidak terpasang dengan benar
-silinder tidak terpasang dengan benar.
27. Setelah gearbox tertutup, pasang skrup-skrup dengan urutan menyilang. Maksudnya kalau pertama pasang di bagian belakang, selanjutnya pasang yang di depan, lalu atas, bawah dst. Ini untuk memastikan gearbox terpasang dengan tekanan yang sama utk semua sisinya.

Pengecekan akhir
Diperlukan supaya kalau ada yg salah, anda tidak terlanjur memasang gearbox ke body. Buka ulang akan memakan waktu yang lama.
28. Tekan nozzle, cek apakah dia kembali lagi setelah di tekan
29. Pasang konektor ke batere dan konektor motor. pegang motor dengan tangan kiri dan tekan trigger untuk memastikan arus masuk ke motor
30. Pasang grip ke gearbox untuk memasang motor dan memeriksa apakah gearbox bisa bekerja dengan baik. Koneksikan ke batere dan cek apakah gearbox sudah ok.
31. Lepas kembali grip dan motor.
32. Gearbox siap dirakit menjadi AEG.

Semoga berguna

Lihat juga: mechbox.com (video)


7 Responses to “Bongkar pasang gearbox v2”


  1. 1 rachmat
    Juni 19, 2016 pukul 9:16 pm

    Temenan di WA bsa g om?mw tax bnyak nih punya sy m4 pengen naikan fps tp msh agak bingung dgn penjelasanx maklum om newbi

  2. 2 Gray Fox
    September 10, 2010 pukul 9:46 pm

    Tappet plate gunanya agar timing dari pengisian BB ke chamber sesuai/tepat dengan posisi piston. Jadi ketika piston sudah di tarik kebelakang oleh sector gear, maka nozzle juga sudah tertarik ke belakang, kemudian BB naik ke chamber dari magazine (sebelumnya terhalang nozzle), dan nozzle lalu maju kembali mendorong BB ke hop-up dan BB siap di tembakkan.

  3. 3 Fuck FPI
    September 6, 2010 pukul 9:44 pm

    kegunaan Tappet plate itu apa ya?

  4. 4 Gray Fox
    April 25, 2010 pukul 2:56 pm

    mainannya tipe apa nih gan?

  5. April 23, 2010 pukul 4:50 pm

    agan gimana cara bongkar ersop dari awal..
    bukan girboks nya aja

  6. 6 Gray Fox
    April 7, 2010 pukul 11:13 pm

    @seahawk

    salam kenal juga bro

  7. April 7, 2010 pukul 10:17 am

    Nice info sob……🙂

    Salam kenal sebelumnya, sesama blogger dan penggemar airsoft gun. Semoga sukses terus ya blognya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Visitors

wordpress statistics
free counters

%d blogger menyukai ini: