04
Jun
10

Pilih scope airsoft


English translation

Tidak hanya sniper yang menggunakan scope, airsoft jenis lain pun bisa menggunakan scope. Lalu scope mana yang pas untuk airsoft anda?

Sebelum lebih jauh membahas tentang scope, perlu diketahui bahwa aksesoris airsoft ini secara umum lebih tepat di sebut optical sight.

Ada beberapa jenis optical sight:
1. Rifle scope
Jenis ini digunakan untuk membidik target jarak jauh dan hampir selalu ada kemampuan perbesaran pada rifle scope
2. Reflex sight
Jenis yang kedua digunakan untuk pertempuran jarak dekat/CQB dan pada umumnya tidak memiliki perbesaran.

Keduanya memiliki targeting reticle, baik berupa crosshair atau hanya titik bidik. Perbedaan mendasar keduanya adalah jarak eye-relief nya. Eye relief adalah jarak minimum antara mata dengan alat bidik sehinnga pengguna bisa melihat target dengan baik. Pada rifle scope, eye-relief cenderung pendek/dekat karena adanya faktor perbesaran, sedangkan pada relfex sight, mata tidak harus didekatkan ke reflex sight untuk membidik target.

Mari kita bahas lebih lagi masing-masing jenis optical sight di atas:
1. Rifle Scope
Umumnya memiliki format spec

a-bxc AOE
a-b: zoom power bisa di set dari a sampai b, misal 2-9 maka scope bisa di zoom 2x sampai 9x
c: ukuran diameter lensa objective dalam milimeter (lensa di bagian depan scope)
AO: scope memiliki lensa objective yang bisa di set untuk target jarak tertentu, misal jarak 5 meter,10m,50m sampai infinity/tak terhingga. Disebut juga Parallax adjustment
E: scope memiliki recticle yang bisa menyala atau illuminated, ada yang berwarna hijau/merah/biru dan beebrapa jenis scope bisa diatur intensitas cahaya-nya sampai 5 tingkat

Kembali ke pembahasan eye relief, ditentukan oleh apa yang disebut exit pupil. Exit pupil adalah ukuran luas area bidik yang bergantung pada ukuran lensa objective dan zoom power atau faktor perbesaran. Misal pada scope dengan spesifikasi 2-6×32, artinya ukuran lensa objective berdiameter 32mm dengan zoom power yang bisa di set dari 2 kali sampai 6 kali perbesaran.

zoom 2x zoom 4x

Pada zoom power 2 kali, maka ukuran exit pupil adalah 32 / 2 = 16mm, artinya luas area exit pupil adalah lingkaran berdiameter 16mm. Dengan zoom power 6, maka exit pupil nya adalah 5.33mm. Sehingga jarak eye relief juga semakin kecil dan mata harus lebih dekat ke scope. Untuk beberapa tipe scope dimana scope tidak bisa di pasang dekat ke mata penembak, tentu akan sangat tidak nyaman. Eye relief ini juga tergantung pada cahaya sekitar penembak. Saat kondisi terang, ukuran pupil penembak akan mengecil dan pada saat gelap akan membesar. Idealnya adalah ketika exit pupil mempunyai ukuran yang sama dengan ukuran pupil mata, sehingga mata nyaman melihat target melalui scope.

Jadi, semakin besar diameter lensa objective, pengguna akan semakin nyaman menggunakan scope tersebut karena exit pupil yang juga besar.
Pilih juga scope yang memiliki spesifikasi AO karena bisa di set untuk jarak yang berbeda. Sering pada scope tanpa spesifikasi AO, target terlihat tidak fokus.

Bagaimana dengan jenis illuminate recticle atau crosshair yang dilengkapi lampu? Pengalaman penulis, pada permainan malam dimana cahaya sangat minim, kalau target terlihat gelap dari scope, maka penggunaan recticle yang menyala tidak membantu. Sedangkan kalau target terlihat jelas dengan pencahayaan cukup, maka scope tanpa illuminated recticle juga sudah memadai.

2. Reflex sight.
Sesuai namanya, alat optik jenis ini di desain supaya pengguna dapat membidik target dengan cepat. Target pada umumnya dibidik dengan sebuah titik merah/hijau.

Reflex sight mempunyai eye-relief yang jauh sehingga penggunaannya tidak memerlukan penembak mendekatkan mata ke reflex sight.

Ada beberapa tipe yang umum dipakai, antara lain:

Red dot sight Aimpoint

Untuk tipe optical sight ini, pilih yang proporsional dengan jenis airsoft anda, karena umumnya tidak banyak perbedaan fungsi antara tipe-tipe di atas.

Sumber gambar & referensi: en.wikipedia.org/wiki/Rifle_scope


4 Responses to “Pilih scope airsoft”


  1. Desember 23, 2010 pukul 10:04 am

    acog, aimpoint dan holosight secara fungsi tidak ada perbedaan yang mendasar dan sama2 berfungsi sebagai reflex sight.

    tp setahu saya pabrik pembuatnya saja yang beda; Trijicon ACOG, Aimpoint AB, dan Eotech Holosight.
    Perbedaan lain, aimpoint dan ACOg hanya bisa menampilkan red dot untuk aiming, sedangkan holosight bisa menampilkan selain itu karena technologinya berbeda.

    tergantung anda sukanya model yang mana

  2. 2 logxnozith
    Desember 20, 2010 pukul 11:08 pm

    mas apa bedanya acog, aimpoint sama holosight secara fungsi?? thxx

  3. 3 grandonk
    November 21, 2010 pukul 8:40 pm

    thanks info,seputar rifle

  4. 4 logxnozith
    September 28, 2010 pukul 11:49 pm

    makasih gan! nice info! penjelasan – panduan singkat padat dan mudah dimengerti oleh pembaca..maju terusss!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Juni 2010
S S R K J S M
« Apr   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Visitors

wordpress statistics
free counters

%d blogger menyukai ini: