15
Jun
10

Panduan baterai airsoft


English translation

Upgrade airsoft tentu butuh ganti baterai. Apa benar seperti itu? Lalu baterai seperti apa yang diperlukan setelah upgrade?

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih baterai untuk airsoft:

1. Voltase
Menentukan kecepatan putaran motor (sering salah kaprah disebut dinamo). Berbeda pada jenis baterai jenis Alkaline dengan 1.5v, pada baterai jenis NiMh dan NiCd, satu cell-nya memiliki 1.2v sehingga rangkaian baterai-nya adalah kelipatan 1.2v, umumnya 8.4v atau 9.6v. Pada baterai Lithium,, satu cellnya memiliki 3.7v dan rangkaiannya umumnya 7.4v atau 11.1v.

2. Kapasitas batere/daya tahan
Dinyatakan dalam mAH atau mili-ampere-hour. Untuk baterai 1100mAH artinya baterai memiliki kemampuan untuk mengalirkan arus sebesar 1100mA atau 1.1A selama satu jam. Jika arus yang dibutuhkan beban tidak sampai 1.1A maka baterai bisa tahan lebih dari satu jam.

3. Arus / ampere
Kemampuan baterai mengeluarkan arus berkaitan dengan kapasitas baterai tersebut, seperti yang di jelaskan di poin 2. Jika baterai dipaksa mengeluarkan arus yang lebih besar karena beban yang berat, maka baterai akan menjadi panas. Arus baterai merupakan analogi torsi pada mesin mobil. Untuk mengangkat beban yang lebih berat akan membutuhkan torsi yang besar. Jadi untuk mengangkat spring yang lebih keras membutuhkan arus yang lebih besar

4. Discharge rate
Berkaitan dengan kemampuan maksimal baterai mengeluarkan arus, dinyatakan dalam satuan C. Umumnya hanya baterai jenis Lithium yang mencantumkan spek ini. Misal baterai spek 1100mAH 10C maka arus maksimal yang bisa dikeluarkan baterai adalah 1100mA x 10 = 11000mA atau 11 Ampere. Jika beban butuh lebih besar, maka baterai akan menjadi panas. Namun perlu diingat bahwa baterai tidak akan terus menerus mengeluarkan arus sebesar kemampuan maksimalnya, dan hanya akan mengeluarkan arus sebesar yang di butuhkan beban. Untuk mengetahui berapa beban yang diperlukan airsoft, bisa di ukur arusnya menggunakan multi-tester dan di ukur saat menembak single dan burst. Cara murah lain menggunakan sekring yang berbeda-beda ukurannya (trial and error). Bisa di coba mulai sekring 1 ampere sampai 20 ampere. Jika menggunakan 5 ampere putus dan 10 ampere tidak, maka kebutuhan arus airsoft tersebut berkisar 6A – 10A. Sehingga penggunaan baterai Lithium dengan spek C yang terlalu tinggi juga tidak efisien (karena lebih mahal) jika jauh di atas arus yang di butuhkan.


baterai Lithium dengan ampere maksimal 100 A

Lalu apakah baterai Lithium bisa di pakai untuk airsoft yang standar? Yang perlu diperhatikan adalah voltase lipo (11.1v)yang terlalu tinggi di banding voltase baterai standar (8.4v / 9.6v). Saat tembakan burst, putaran tinggi dengan torsi yang besar mungkin menyebabkan gear piston rontok. Sehingga umumnya untuk mencegah hal tersebut, gigi piston ke dua dan ketiga dari belakang di kikis. Alternatifnya adalah memakai baterai Lithium spek 7.4v sehingga putaran tidak terlalu tinggi.

Selain batere, diperlukan juga kabel atau wiring yang mendukung khususnya untuk airsoft yang membutuhkan arus yang besar. Kabel yang terlalu kecil menyebabkan tahanan yang besar di kabel itu sendiri sehingga mudah panas. Umumnya digunakan kabel dengan spesifikasi AWG (American Wire Gauge). semakin kecil angka spek AWG maka kemampuan menghantar arus semakin besar dan kabel juga semakin tebal. Umumnya dipakai kabel AWG18 atau AWG16

Charging baterai dan penyimpanan
Mengisi ulang baterai umumnya berkisar selama 1 jam sampai 2 jam, bergantung output dari charger/adaptor baterai tersebut. Untuk baterai 8.4v 1100mAh, dan charger dengan output 8.4v 200ma maka lama isi ulang di hitung dengan cara membagi kapasitas baterai dengan output baterai sehingga didapat 5.5 hour. Durasi ini untuk isi ulang baterai dari kapasitas yang kosong, sehingga untuk pemakaian normal, pengisian biasanya tidak dari kondisi baterai benar-benar kosong. Penggunaan baterai sampai benar-benar kosong juga sangat tidak disarankan karena umur baterai menjadi pendek atau malah mati sama sekali. Kosong disini artinya voltasenya di bawah voltase minimum.

Baterai yang sudah tidak kuat untuk dipakai menembak belum berarti kosong karena bisa saja karena kapasitas sudah turun sehingga tidak bisa mengeluarkan arus yang dibutuhkan. Sebagai contoh, baterai Lithium dalam keadaan penuh memiliki voltase sekitar 12.2v walaupun spek-nya adalah Lithium 3 cell yang hanya 11.1v (di ukur menggunakan Lipo Volt checker). Jadi ketika voltase baterai mencapai 10v, mungkin baterai sudah tidak kuat untuk dipakai tetapi tidak benar-benar habis. Untuk baterai jenis Lithium ini perlu di jaga agar masing-masing cell voltasenya tetap di atas voltase minimum 3.0v karena jika sampai di bawah itu, baterai tidak bisa di gunakan lagi.

Dalam menyimpan baterai juga disarankan menyimpan dengan kapasitas 50%-nya, untuk baterai Lithium masing-masing cell sekitar 3.8v atau 11.4v total untuk 3 cell karena akan bertahan lebih lama. Juga jangan sampai membiarkan baterai tidak pernah di charge untuk waktu yang lama(walaupun baterai baru), karena akan kehilangan kapasitasnya dan tidak bisa dipakai lagi.

Pengisian ulang baterai Lithium disarankan menggunakan balance charger agar voltase tiap cell bisa sama dan pastika voltase charger sama dengan voltase baterai.

Referensi:
http://www.rcgroups.com/forums/showpost.php?p=6346495&postcount=5
http://infectedairsoft.wordpress.com/tech-info/lithium-polymer-batteries-part-1/


3 Responses to “Panduan baterai airsoft”


  1. 1 kang somad
    Mei 2, 2015 pukul 2:32 pm

    mas klo apakah ada batrai yang bisa bertahan selama 24jam dengan konsumsi daya 1A selain aki,,,, mohon referensinya

  2. 2 Gray Fox
    Oktober 5, 2010 pukul 2:24 pm

    mungkin charging nya terlalu lama atau tidak pakai Balancer. Bisa juga baterai terlalu lama tidak dipakai (pengalaman pribadi nih)

  3. 3 riano
    September 29, 2010 pukul 12:18 am

    mas, saya mau tanya..klo battery lipo jadi gendut itu penyebabnya apa yah??
    trims..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Juni 2010
S S R K J S M
« Apr   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Visitors

wordpress statistics
free counters

%d blogger menyukai ini: